Mengenal Writing IELTS!

Home / baru / Mengenal Writing IELTS!

Dalam salah satu test IELTS Writing, kita akan diajak berdikusi mengenai suatu topik, menulis argumentasi dan padangan kita terhadap topik yang telah disediakan. Waktu yang disediakan selama 60 menit.

Ada dua (2) task yang harus dikerjakan. Dalam Task 1, kita diminta membuat tulisan minimal berjumlah 150 kata. Skor kita akan dikurangi bila tulisan kurang dari 150 kata (kami sarankan esai yang dibuat berjumlah antara 150-180 kata). Temen-temen harus mengerjakan Task 1 selama 20 menit. Untuk Task 2, tulisan harus berjumlah minimal 250 kata (disarnkan esai teman-teman memiliki panjang antara 250-300 kata) dan waktu pengerjaanya selama 40 menit.

Dalam writing teman-teman di perbolehkan membuat catatan/coretan di Question Paper, tetapi catatan ini tidak boleh dibawa pulang dan tidak akan dibaca oleh penguji. Penguji hanya akan menilai jawaban di Answer Sheet.

  • Academic

Dalam task 1, teman-teman akan dihadapkan pda grafik, tabel, atau diagram lalu teman-teman diminta untuk mendeskripsikan, merangkun atau menjelaskan informasi tersebut dalam kalimat sendiri. Teman-teman diminta untuk menguraikan data, mendeskripsikan langkah-langkah suatu proses, menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau mendeskripsikan suatu benda. Teman-teman tidak perlu melakukan analisis karena tulisan pada taks 1 ini hanya didasarkan pada informasi yang tersedia.

Dalam task 2, teman-teman diminta menulis sebuah esai yang menanggapai suatu masalah, argumentasi atau sudut pandang tertentu. Topik yang diangkat bersiat umum, yang sesuai untuk mereka yang akan mengikuti kuliah undergraduate atau postgraduate. Disini teman-teman harus melakukan analisis berdasarkan berbagai fakta dan argumen atau menawarkan solusi atau opini teman- teman terhadap suatu masalah.

  • General Training

Dalam task 1, teman-teman akan mengahadapi sebuah situasi lalu diminta untuk menulis sebuah surat yang menjelaskan situasi tersebut atau meminta penjelasan tentang situasi tersebut. Surat yang teman-teman tulis bersifat personal, semiformal dan formall.

Dalam task 2, teman-teman diminta untuk menulis sebuah esai yang menanggapi suatu masalah, argumentasi, atau sudut pandang tertentu. Tulisan ini bisa bersifat lebih formal/informal dibandingkan dengan esai dalam task 2 Academic Writing . Topiknnya bersift umum.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *