5 Fakta Menarik tentang Inggris

Home / baru / 5 Fakta Menarik tentang Inggris


Inggris merupakan negara kerajaan yang paling makmur. Bahasanya menjadi bahasa Internasional. Negara Harry Potter ini menjadi negara yang paling dikagumi dan memiliki kejayaan tertinggi bila dibandingkan dengan negara lainnya yang ada di dunia.

Tapi apakah kamu tahu beberapa fakta unik yang ada di negara ini? Yuk, simak 5 fakta menarik tentang Inggris

1.Big Ben

Menara jam besar dengan tinggi 316 kaki tersebut telah dikenal selama berabad-abad melebihi ikon kota lainnya dan salah satu kebanggaan orang-orang Inggris.Big Ben dibangun dengan cara yang tidak konvensional atau mudah. Mesin uap digunakan untuk membawa bahan bangunan naik melalui pusat menara terbilang maju di zamannya. Selain itu, menara ini terus berdentang melalui banyak periode penting, termasuk Perang Dunia II

Nama sebenarnya bukan Big Ben Bangunan ini resminya disebut Menara Elizabeth. Big Ben sendiri mengacu pada bel yang berbobot 16 ton dan setinggi 7 kaki. Nama itu diambil dari nama Sir Benjamin Hall, Komisaris Pekerjaan Umum Kota pertama.

Masing-masing dari empat wajah jam terbuat dari lebih 312 opal kaca atau 1.248 potongan kaca yang sangat rapuh. Ketika waktunya pemeliharaan, spons dan ember tua digunakan untuk perawatan sekali setiap lima tahun oleh tim pembersih profesional yang memoles setiap inci dari jam tersebut

2. Windsor Castle
Windsor Castle (Kastil Windsor) di Berkshire, salah satu tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Inggris adalah rumah terbesar di dunia yang masih dihuni.

Luas kastil ini mencapai 5,3 hektar dan kastil ini punya sekitar 1.000 ruangan di dalamnya. Ada banyak area yang terdapat di dalam Windsor Castle ini. Mulai dari The Round Tower, The State Apartments dan juga Private Apartments. Ada juga area St. George’s chapel dan juga The Long Walk serta Norman Gate

Kastil ini udah jadi milik keluarga Kerajaan Inggris selama 1.000 tahun dan sudah jadi milik 39 penguasa sampai sekarang.

Karena saking besar dan luasnya, maka Kastil Windsor butuh perawatan intensif dan optimal.Maka dari itu, setidaknya ada ratusan karyawan yang bertugas merawat kastil.Untuk urusan bersih-bersih kastil aja ada sekitar 150 karyawan yang bertanggung jawab.Di dalam kastil setidaknya ada 379 jam baik jam dinding maupun jam-jam lainnya.Ini belum termasuk jam-jam yang ada di ruangan para staff loh.

3. Orang Inggris identik dengan minum teh
Inggris adalah salah satu negara dengan konsumsi teh terbesar di dunia. Dengan rata-rata per kapita penduduknya menikmati tak kurang dari 1,9 kg teh per tahunnya.

Awalnya teh di Inggris adalah minuman kelas atas yang hanya bisa dinikmati kaum bangsawan dan saudagar. Mereka menikmati hangatnya teh dalam cangkir porselin yang disebut China–ya, karena porselen berasal dari Tiongkok. Lambat laut, budaya minum teh merembes ke masyarakat umum, khususnya kelas pekerja di masa revolusi Industri Inggris pada abad 19, dan popularitas tak surut hingga sekarang.

Minum teh bagi orang Inggris sudah jadi budaya. Karenanya mereka mengenal ‘Afternoon Tea’ yang sudah jadi tradisi berabad-abad silam. Tak ada hari yang tak dilewatkan mereka dengan menikmati teh berikut aneka kue dan sandwich. Nyaris semua tempat di Inggris sajikan ‘Afternoon Tea’ di sore hari. 

Tradisi yang bermula pada abad 19 dan dipopulerkan Anna, the Duchess of Bedford ini biasanya berlangsung antara jam 4 sore hingga 8 malam. Selain digunakan sebagai sarana bersosialiasi, atau berdiskusi sembari menunggu waktu  untuk makan malam

4. Istana Buckingham
Istana Buckingham merupakan kediaman ratu Inggris. Tak hanya itu, tempat ini juga selalu menjadi destinasi wisata turis yang berkunjung London. Istana yang dibuka pada 1703 ini memiliki luas 44.000 meter persegi.

Lahan tempat berdirinya Istana Buckingham tadinya adalah kebun pohon murbei. Adalah Raja James I yang menanam pohon murbei di tempat ini. Tak hanya murbei, raja yang memerintah pada 1603-1625 itu juga beternak ulat sutra di istana ini.

Grand ballroom di Istana Buckingham terkenal. Ruangan ini memiliki panjang 36 meter, lebar 18 meter dan tinggi 135 meter. Saat ruangan ini pertama kali dibuat pada 1856, grand ballrom merupakan ruangan terluas di London. Dan tau kah kamu di istana ini terdapat 1.514 pintu dan 760 jendela. Setiap 6 minggu, seluruh jendela ini dibersihkan oleh petugas kebersihan istana.

5. Katedral Durham

Katedral Durham yang terletak di Kota Durham, Inggris. Berdiri sejak 1093, katedral tersebut dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur Norman dan ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Katedral ini dijadikan lokasi syuting karena arsitekturnya yang indah dan bernuansa klasik. Salah satunya lokasi syuting film Harry Potter berjudul Hogwarts School of Witchraft and Wizardry

Sentuhan gothic pada setiap detail bangunan menambah kesan misterius pada bagunan yang kini berusia sekitar 10 abad ini. Meskipun telah berusia sangat tua, namun katedral ini masih kokoh berdiri.

Baca juga artikel lainnya disini:

1. Cabang Baru Mr. ALex Course di Depok klik disini
2. Pembukaan Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Tahun 2019 klik disini
3. 5 Rahasia Reading IELTS klik disini 
4. Tips Reading IELTS: Kiat-kiat Membiasakan Baca Cepat klik disini
5. Lexical Resources (Vocabulary) yang wajib kamu hafal untuk IELTS band Skor 8.0 klik disini
6. Cara Efektif Belajar di Bulan Ramadhan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *